Toy Story 5 (2026)

Disney/Pixar


sutradara: McKenna Harris, Andrew Stanton

penulis: Andrew Stanton, McKenna Harris

pemain: Tom Hanks, Joan Cusack, Tim Allen

genre: animasi, petualangan

produksi: Pixar Animation Studios, Walt Disney Pictures


Jessie dan kawan-kawan bangsa mainannya terancam tersingkirkan karena kedatangan sebuah tablet digital. apakah era mainan akan benar-benar berakhir?

sepertinya sesuai dengan ramalan netizen. dulu kayaknya ada sebuah post yang bilang bahwa Toy Story 5 hanya akan bagus jika villainnya adalah gadget digital, dan ternyata benar.

 

Disney/Pixar

filmnya lumayan. bisa membuat sekuel yang tidak mengganggu pendahulu. lebih tepat disebut sebagai spin-off. kali ini cerita berfokus pada karakter Jessie. Woody muncul pun cuma sebagai karakter pendukung dan lucu-lucuan. tidak mencuri spot Jessie sebagai pahlawan.

tema yang disampaikan bagus. isu yang diangkat modern sesuai zaman. cerita dengan bumbu petualangan dan bertemu teman baru. cuma memang tidak begitu dalam juga. jadi gak banyak yang bisa dibahas.

ada beberapa adegan mengharukan tapi tidak sampai seperti yang sudah-sudah. 

untuk visual, jangan ditanya. jelas bagus banget. cuma pengisi suaranya kok rasanya ada yang kurang. entah cuma perasaan saya saja atau gimana. mungkin karena akhir-akhir ini sedang banyak nonton anime, jadi feelnya kebanting.

 

Disney/Pixar

kekurangan. dari segi cerita ada bagian yang terasa kurang (atau berlebihan). terutama di salah satu adegan puncak, ketika adegan reveal dan berusaha emosional. rasanya agak berlebihan dan bikin mikir, ya harusnya nggak sampai gitu juga kali... 

kesimpulan. film ini menempatkan diri sebagai sekuel-spin-off yang tidak berusaha mengalahkan trilogi original. seperti Peter Jackson yang tidak membuat film Hobbit menjadi lebih bagus karena tidak ingin mengalahkan Lord of the Rings.

jika ada yang menganggap film ini tidak lebih baik dari trilogi pendahulu, mungkin inilah jawabannya. karena trilogi itu sudah begitu ikonik, jadi sekuelnya ya hanya cerita-cerita tambahan saja.

intinya film yang rekomen & bagus ditonton keluarga atau buat mengisi waktu. good job buat Pixar.

(7,5/10) 

**


Comments

Popular Posts